Pengertian Bahasa Pemograman
12:59 PM | Author: aRiany's bLog
Function:Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk menulis program komputer, dimana dapat menginstruksikan komputer untuk melakukan seperti komputasi dan mengorganisasikan aliran kontrol antar perangkat yang ada.
Target:Bahasa pemrograman berbeda dengan bahasa alami. Bahasa alami digunakan untuk berinteraksi antar manusia, sedangkan bahasa pemrograman digunakan untuk berkomunikasi antara manusia dengan komputer. Target bahasa pemrograman berbeda-beda. Misalnya Postscript adalah bahasa yang ditargetkan untuk mengkontrol printer dan tampilan.
Constructs:Bahasa pemrograman berisi susunan definisi dan manipulasi struktur data dan pengkontrolan alir eksekusi program.
Expressive power:Bahasa pemrograman adalah bahasa yang mengekspresikan kemampuan komputasinya berdasarkan suatu algoritma tertentu.
Sumber Bahasa pemogramanBahasa pemrograman dirancang agar manusia bisa berkomunikasi dengan komputer.
Bahasa pemrograman bersumber dari bahasa alami (natural language), matematika maupun bahasa pemrograman yang sudah ada.Jika sumber berasal dari bahasa alamimaka konstruksi bahasanya akan mirip dengan arti sebenarnya.Hal itu tentu akan mempermudah pemrogram untuk memprogram, khususnya bagi yang belum berpengalaman.Kadang dapat menjadi ambigu, karena kadang banyak bahasa alami yang memiliki arti banyak.Contoh: SQL.
Jika sumber berasal dari matematika maka bahasa akan menjadi sangat logis, matematis, dan penuh dengan konsep-konsep.
Contoh: MATLAB, SciLab, MathCadJika sumber berasal dari bahasa pemrograman yang sudah ada, maka pemrogram akan lebih mudah menggunakannya, terutama bila bahasa yang dibentuk berasal dari bahasa yang sudah sangat terkenal.Perlu juga hati-hati karena bahasa yang sudah adapun kadang masih memiliki kekurangan/kesalahan yang serius.Contoh: Java mengadopsi beberapa bahasa, seperti C, C++.Biasanya bahasa yang lebih baru harus menambah fitur baru yang lebih bagus dan mengeliminasi kesalahan/kekurangan.
Untuk berkomunikasi dengan manusia
Jika bahasa tidak dirancang baik, maka bahasa tersebut akan membingungkan pemrogramnya.Suatu bahasa yang baik harus memiliki arti yang sesuai dengan semantiknya.Perlu diingat: pemrogram masih jarang yang senang membuat dokumentasi.
Suatu ekspresi juga bisa bermakna ambigu:
int x = y / k / c;
str := ‘1’+ ‘2’;
$str = 1 + 2;
for (int i=0;i<10;i++) href="http://www.total.or.id/search.php?kk=bahasa%20pemrograman">sumber
|
This entry was posted on 12:59 PM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: